KATEGORI
  • Daerah
  • Hukum & Kriminal
  • Nasional
  • Politik
  • Beranda » Hukum & Kriminal » Kades Gambus Laut Akan Laporkan 4 Orang Mengaku Dari PT Jui Shin Indonesia: Ada Oknum Pengacara Dan Beberapa Media, Zahar Merasa Diintimidasi Ditipu Dan Dijebak

    Kades Gambus Laut Akan Laporkan 4 Orang Mengaku Dari PT Jui Shin Indonesia: Ada Oknum Pengacara Dan Beberapa Media, Zahar Merasa Diintimidasi Ditipu Dan Dijebak

    BY 24 Jun 2024 Dilihat: 25 kali

     

    MEDAN-medanseru

    Empat pria tiba-tiba memaksa mendatangi kediaman Kades Gambus Laut Zaharuddin (foto). Sabtu (22/6/2024).

    Keempatnya diduga bersubahat untuk mengintimidasi Kades yang sedang sakit itu untuk mengakui posisi tanah Sunani dengan posisi sesuai permintaan mereka, agar menjadi tumpang tindih, di luar kondisi dan fakta yang sebenarnya.

    Kemudian, Kades Zahar juga mengaku kesal dan marah atas kelakuan keempatnya yang sebelumnya mengaku perwakilan PT Jui Shin Indonesia. Dimana, secara diam-diam, sembunyi-sembunyi merekam perbincangan saat itu, yang pertanyaan -pertanyaan dilontarkan ketiga lawan bicara Kades seperti menjebak Kades ke settingan mereka.

    Lebih jengkel, Kades tak terima fotonya dipajang di beberapa media online dengan kondisi sarungan, seolah merendahkan martabatnya sebagai seorang kepala pemerintahan Desa Gambus Laut.

    Masih ada lagi, Kades juga membenarkan bahwa DAS di samping lokasi tambang pasir kuarsa sebelumnya dijebol. Lalu saat hujan dan ketika air laut pasang, masuk ke lokasi tambang dan kemudian meluber sampai ke perkebunan masyarakat membuat tanaman mati, bahkan membanjiri rumah warganya disana.

    Bukan itu saja dampak DAS yang dijebol itu, para nelayan juga mengadu kepada Kades, bahwa sampan dan kapal motor mereka para nelayan menjadi lambat lajunya ketika mencari nafkah menuju laut.

    Dan setelah ramai disoroti media yang datang padanya, pihak perusahaan pelaku pertambangan pasir kuarsa barulah saat ini menutup dengan menimbun kembali Daerah Aliran Sungai (DAS) tersebut. Namun tidak melakukan reklamasi, sehingga membahayakan nyawa penduduk maupun anak-anak bahkan ternak peliharaan bahkan merusak lingkungan hidup disana.

    Masih diceritakan Kades yang disenangi warganya itu karena ketegasan dan keramahannya, seorang bernama Haposan selalu seperti menghina LSM yang turut mengkritisi aktivitas pertambangan pasir kuarsa di Desa Gambus Laut, Kades menyebut bahwa Haposan sampai membilang bahwa LSM (Gebrak-red) itu abal-abal.

    Masih ditambahkan Kades, karena memang mencurigai gelagat ke empat tamu yang tergesa-gesa dan memaksa datang itu, Kades pun ada banyak menyimpan isi pembicaraan, dan ketika membandingkan dengan yang ditulis di beberapa berita media online tidak utuh dan banyak dipotong-potong diduga untuk kepentingan semata, memojokkan pihak lain maupun dirinya.

    “Semuanya sudah Saya simpan dengan baik, nanti sebagai bukti. Sedang saya konsultasikan dengan keluarga saya pengacara, bisa jadi kekesalan saya akan bentuk -bentuk dugaan intimidasi dan jebakan ini agar diproses hukum maupun aturan yang berlaku, saya gak terima foto saya tiba-tiba dimuat di media tampil seperti itu di publik, gak ada seizin saya, tidak dikonfirmasi lagi, semuanya mengaku dari Juishin, kok tiba-tiba masuk media,”

    “Saya seorang Kepala Desa, tak seharusnya diperbuat seperti itu, Saya resmi diangkat Negara, sudah saya bilang sedang sakit, tapi masih dibuat seperti ini, siapa-siapa (Haposan, Juliandi, Rudi Cs), ke empat orang itu sedang saya persiapkan untuk Laporkan, mengantisipasi kedepan tidak terjadi lagi kepada sya dan sebagai efek jera,” kata Zaharuddin dengan suara tertahan.

    Tambah Kades lagi,” Memang saya ada dikonfirmasi wartawan melalui telepon, dia izin juga untuk merekam pembicaraan, saat itu saya dengan jelas mendengar mewakili puluhan wartawan lainnya katanya, saya tidak keberatan karena memang jelas mengatakan konfirmasi untuk dimuat di media mereka bersama-sama, kan gak mungkin posisi jauh puluhan telepon bersambung semua, tapi yang kali ini datang ke rumah saya sama sekali tidak ada permisi memberitahu identitasnya maupun tujuannya, kok tiba-tiba naik di media kondisi saya seperti itu, pakai sarung, lemas karna masih sakit, itu melecehkan saya dan keluarga besar saya juga dan saya sebagai pejabat pemerintah daerah meski wilayah tingkat desa, saya dipilih masyarakat saya untuk memimpin mereka, ini harus saya laporkan perbuatan -perbuatan meresahkan seperti ini, tunggu saja,” geram Kades.

    Di tempat terpisah, Ketua LSM Gebrak Max Donald yang dikonfirmasi soal nama dan lembaganya diduga dilecehkan, dia menjawab, “Semua izin atas penerbitan LSM saya itu lengkap se lengkap -lengkapnya, sudah berdiri puluhan tahun, dibilang abal-abal, tunggu laporan saya,” tegas Donald.

    Sebelumnya

    Awal kasus ini bermula dari laporan Sunani ke Polda Sumut bersama Pengacara Kondang Dr Darmawan Yusuf SH, SE, M.Pd, MH, CTLA, Med, pada Januari 2024 lalu. Bahwa lahannya seluas sekitar 4 hektar di Desa Gambus Laut, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara diduga dirusak dan pasir kaolin didalamnya dicuri, PT Jui Shin Indonesia dan PT BUMI sebagai terlapornya.

    Kepala Desa Gambus Laut, Zaharuddin juga sudah menegaskan, bahwa dirinya dan Camat Lima Puluh Pesisir tidak pernah menandatangani dokumen perpanjangan RKAB perusahaan penambang pasir kuarsa di desanya.

    Informasi didapat dari masyarakat disana, daerah aliran sungai Gambus yang berada di samping lokasi penambangan pasir kuarsa PT BUMI dan Juishin Indonesia sempat dijebol, hingga menyebabkan lingkungan sekitar rusak, masyarakat mengaku tanaman, kebun sawit mereka pada mati karena terendam air.

    Akibat Daerah Aliran Sungai (DAS) dijebol, bila hujan deras, bahkan pernah bersamaan air dari gunung turun, diduga penyebab banjir besar semakin parah melanda, itu di sekitar 2022 lalu, Kecamatan Air Putih dan Kecamatan Lima Puluh Pesisir hingga ribuan warga menjadi korban.

    Lalu diinformasikan masyarakat lagi kepada wartawan, bahwa ada lagi penambangan ilegal tanah kaolin, sejak tahun 2021 beroperasi di Desa Bandar Pulau Pekan, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan hingga saat ini, dimana PT Jui Shin Indonesia diduga sebagai penadahnya.

    Kemudian tanah kaolin tersebut dari lokasi penumpukan di Desa Pulau Raja, dibawa menggunakan truk tronton ke PT Jui Shin Indonesia di KIM 2 dengan harga beli per ton-nya Rp97 ribu.

    Inspektur Tambang & Dinas Perindag ESDM Sumut

    Kepada pihak Inspektur Tambang wilayah Sumut, Dirjen Minerba, Kementerian ESDM yang berfungsi sebagai Pengawasan, sudah berkali-kali dikonfirmasi wartawan, instansi pemerintah dari pusat itu disebut sudah merekomendasikan agar APH melakukan tindakan hukum.

    Dinas Perindag ESDM Propinsi Sumut melalui Kabid Hidrogeologi Mineral dan Batubara, August SM Sihombing juga sudah menegaskan bahwa tidak ada perusahaan tambang tanah kaolin yang beroperasi di lokasi Desa Bandar Pulau Pekan, Kabupaten Asahan sesuai data pada pihaknya, yang berarti diduga ilegal. Apalagi disebut pertambangan itu milik perorangan, dipastikan tidak boleh oleh Sihombing.

    Ditreskrimsus Polda Sumut

    Terkait kasus PT Jui Shin Indonesia dan PT BUMI ini, sejak Januari 2024 kepada Direktur Ditrekrimsus Polda Sumut Kombes Pol Andry Setyawan diinformasikan, bahwa aktivitas penambangan pasir kuarsa di Desa Gambus Laut, Batubara diduga merusak lingkungan, dengan beberapa foto dan video kondisi di lokasi turut dikirim pula.

    Kombes Andry Sempat menegaskan telah menurunkan anggotanya melakukan penyelidikan, tetapi sampai sekarang sepertinya terkesan jalan di tempat, disebut Kombes Andry masih pada tahap mengumpulkan saksi-saksi menentukan pelanggaran hukumnya.

    Sedangkan laporan Sunani di Polda Sumut yang ditangani Dirreskrimum, sudah sampai mengamankan dua unit ekscavator sebagai barang bukti, Dirut PT Jui Shin Indonesia/Komisaris Utama PT BUMI, Chang Jui Fang sedang tahap jemput paksa.

    Sementara itu, Chang Jui Fang yang terus berusaha dikonfirmasi wartawan, masih tetap terkesan bungkam.
    Meski berulang-ulang ditelepon wartawan, dikirimi pesan melalui WhatsApp (0811 1839 XXX), bahkan dicoba temui di kantornya di KIM 2 Medan dan di Kompleks Cemara Asri Medan, tetap belum berhasil.

    Sedangkan baru-baru ini, ada pihak yang mengaku perwakilan, legal PT Jui Shin Indonesia dan PT BUMI memberikan surat hak jawab kepada wartawan, namun sampai sekarang tidak jelas membuktikan lampiran dokumen sebagai penguat pernyataan hak klarifikasi mereka.  (ms-01)

    Bagikan ke

    Belum ada komentar untuk Kades Gambus Laut Akan Laporkan 4 Orang Mengaku Dari PT Jui Shin Indonesia: Ada Oknum Pengacara Dan Beberapa Media, Zahar Merasa Diintimidasi Ditipu Dan Dijebak

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Berita Populer

    • Karikatur kenangan Alm.Hasiholan Siregar Mengingat dibalik perjalanan media www.medanseru.co Jilid I yang memiliki kisah haru dan menjadikan sebuah bukti nama pencetusnya merupakan wartawan profesional yang sangat cukup dikenal dan memiliki kemampuan daya pikir luar biasa hingga beberapa rekan jurnalis memiliki julukan masing-masing untuk Alm.Hasiholan Siregar S,H yang sudah berpulang kepada sang pencipta dan tinggal nama […]

      Mar 15, 2024
    • Teks fto:Kondisi Banjir dirumah warga hingga malam ini tak kunjung surut,Warga Minta Pemko Medan Jangan”Tutup Mata”(fto ist) LABUHAN-medanseru Akibat Curah Hujan yang terjadi Mulai Jumat Malam 21/06/2024 Mengakibatkan Ribuan Rumah di Medan Labuhan terendam banjir hingga 1 meter, bahkan ada di titik titik tertentu seperti di perumahan Mega Martubung bisa mencapai 2 meter. Pantauan awak […]

      Jun 22, 2024
    • MEDAN-medanseru Mungkin sudah tidak asing lagi bagi masyarakat pada umumnya mendengar kata“Hantu” yang keluar dari mulut orang dewasa maupun juga anak-anak karena bahasa tersebut bukan merupakan larangan atau juga bahasa kotor yang tidak baik untuk didengarkan oleh orang serta tidak memiliki makna tertentu dibalik bahasa tersebut. Menurut kamus bahasa indonesia,Hantu memiliki arti yaitu sejenis makhluk […]

      Apr 05, 2024
    • // Teks Foto : Mantan Ketua KNPI Deli Serdang (1999-2002) Drs James Siregar (Foto : medan seru) Deli Serdang-medanseru Sudah tidak lagi jaman nya seorang pemimpin dalam menjalankan tugasnya ada pihak-pihak yang mencoba mengintervensi apalagi dengan menyuruh menggunakan tangan besi. Hal tersebut sangat “diharamkan” dalam alam demokrasi dan Reformasi ini. Hal tersebut ditegaskan James Siregar, […]

      Mei 14, 2024
    •   Menanti sosok pemimpin yang akan datang Brian Sianturi : Walikota Mendatang Harus Mengerti Keinginan Generasi Millenial Pematangsiantar – medanseru Saat ini, Kota Pematang Siantar tengah sibuk memperbincangkan siapa sosok calon walikota mendatang. Ditengah hangatnya perbincangan mengenai sosok tersebut, Brian Nicholson Sianturi yang merupakan salah satu generasi muda Kota Pematangsiantar, saat dijumpai mengatakan pendapatnya tentang […]

      Mar 18, 2024
    • MEDAN-medanseru Setiap bulan mantan remaja mesjid Miftahul Jannah yang terletak di Jalan Kelambir V Kelurahan Tanjung Gusta Kecamatan Medan Helvetia mengadakan Bhakti sosial berupa membagikan beras kepada keluarga yang kurang mampu yang ada di kelurahan Tanjung gusta   Kegiatan ini dibawah asuhan Heri yang dilakukan setiap bulan dengan cara mendatangi langsung kerumah Rumah yg layak […]

      Jun 21, 2024
    • DELI SERDANG-medanseru Menanggapi beberapa Isu negatif yang beredar mengenai Kadis Kesehatan Deli Serdang dr. Asri Tambunan Tokoh Pemuda Deli Serdang James Siregar angkat bicara bahwa Isu itu dimainkan dengan sengaja untuk mencemarkan serta mencecar Kadis tersebut. Saat diwawancara James Siregar yang juga mantan Sekretaris IPK Deli Serdang menuturkan bahwa untuk mendekati Pilkada ini akan ada […]

      Mei 07, 2024
    •   SAMOSIR-medanseru Pesta pemilihan Kepala Daerah sudah semakin dekat. Masing-masing Partai Politik saling mempersiapkan kadernya ataupun kader lain yang potensial utk diusung ataupun didukung dalam merebut dan menduduki jabatan Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Samosir . Demikian halnya dengan sosok Rosinta Sitanggang yang nota bene seorang tokoh perempuan yang tangguh dalam kancah perpolitikan di […]

      Jun 14, 2024
    •     SUNGGAL – medanseru   Peristiwa kecelakaan antara kereta api dengan mobil kembali terjadi kali ini mengakibatkan empat orang yang menjadi penumpang di dalam mobil meninggal dunia alias tewas ditempat Sabtu (30/3) sekira pukul 10.15 WIB. Korban yaitu Ali (54),Salbiah (54),Supiyah (64) dan Susilawaty (45) keempatnya merupakan warga Dusun VI Sei Semayang Diski Kecamatan […]

      Mar 30, 2024
    • BINJAI-medanseru Video viral yang ada di jejaring sosial tiktok dengan akun website resmi media medanseru.com tentang lokasi judi di daerah Jalan Pasar VII  Tandem Binjai menuai komentar keras dari lembaga Aliansi Indonesia Sumatera Utara, Hal itu terucap dari bahasa Kepala Divisi (Kadiv Investigasi) Siregar ketika wartawan berkunjung ke kantornya yang berada di Jalan Jermal XI […]

      Mei 09, 2024
    Silahkan pilih kategori yang ingin ditampilkan sebagai hot kategori dahulu. Setting pada Magz > Sidebar Setting > Hot Categories

    Berita Terbaru

    Jakarta – Pasar jajanan untuk buka puasa atau takjil di Bendungan Hilir (Benhil), Jakarta Pusat, ramai didatangi pemburu takjil. Warga […]

    Mar 12, 2024

    Jakarta – Satu keluarga yang terdiri dari empat orang ditemukan tewas dengan dugaan bunuh diri melompat dari apartemen kawasan Penjaringan […]

    Mar 12, 2024

    LUBUKPAKAM – Sebanyak 23 orang anggota DPRD Deli Serdang kembali bersinar di Pemilu 2024. Dua di antaranya sukses di DPRD Sumut. Terhitung ada […]

    Mar 12, 2024

    MEDAN–Nama Wali Kota Medan Bobby Nasution salah satu yang digadang-gadang menjadi sosok kuat sebagai Calon Gubernur Sumatera Utara 2024-2029. Bobby […]

    Mar 12, 2024

    MEDAN – Medanseru Dinilai tidak pantas menduduki jabatan strategis sebagai Kepala Kepolisian Resort Kota Besar (Kapolrestabes) Medan Kombes Pol Teddy […]

    Mar 13, 2024

    MEDAN – Medanseru   Gumpalan asap narkoba jenis sabu seakan “bebas menari” dikawasan Jalan Payageli Kecamatan Sunggal,ini membuat kita merasa […]

    Mar 13, 2024

          SERDANG BEDAGAI – Medanseru Beberapa pekan ini masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai berkiur sana kemari seolah ingin memberitahu […]

    Mar 13, 2024

    Namanya tercatut dalam pusara  lokasi Judi EX Kafe Terbul Tuntungan Oknum wartawan A.Karo “meraung” Histeris   Pancur Batu- Medanseru   […]

    Mar 14, 2024

        Pimred Medanseru Jilid II waspadai ajakan “Kilat” OTK ngaku LSM Garda Peduli bersilaturahmi Disinyalir berkaitan pemberitaan Hight Profil […]

    Mar 14, 2024

    Karikatur kenangan Alm.Hasiholan Siregar Mengingat dibalik perjalanan media www.medanseru.co Jilid I yang memiliki kisah haru dan menjadikan sebuah bukti nama […]

    Mar 15, 2024